Sudah Tau Belum Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar?
Otomen - Tips dan cara memanaskan mesin mobil setiap pagi, setiap
hari untuk mobil injeksi, karburator dan matic, ini merupakan bagian dari
perawatan rutin mobil kita agar performa mesin tetap awet dan terjaga.
Memanaskan mobil adalah hal yang sangat penting, terutama
pada mobil injeksi dan matic, karena dengan proses pemanasan mesin ini akan
membantu sirkulasi oli pelumas untuk melumuri seluruh sisi ruang komponen di
dalam mesin, sehingga pada saat mobil di gunakan seluruh komponen yang ada di
dalam mesin akan lebih aman dalam gesekan atau saling berbenturan, karena sudah
tidak ada bagian ruang yang belum terkena oli pelumas.
Sebagai bentuk perawatan harian terhadap mobil yang kita
sayangi, kebiasaan untuk memanaskan mesin ini sangat bagus dilakukan setiap
hari, untuk melakukan hal ini sebenarnya kita tidak perlu terlalu lama dalam
memanaskan mesin mobil, kita cukup dengan menyempatkan waktu kurang lebih lima
menit saja di waktu pagi sebelum beraktifitas, khususnya untuk mobil injeksi,
karena sirkulasi pelumasan mesin pada mobil injeksi lebih cepat dibandingkan
dengan mobil yang masih menggunakan karburator.
Pada saat kita memanaskan mesin mobil, kita bisa melihat
indicator temperature yang tersedia pada speedo. Dari langkah awal setelah kita
hidupkan mesin untuk mencapai kondisi mobil siap digunakan yaitu ketika pada
indicator temperature sudah menunjukkan posisi minimal sepertiga dari jarum temperature,
ini berarti mobil sudah siap untuk kita ajak pergi jalan-jalan.
Baca Modifikasi Honda CBR 150R Terbaru menyerupai Ducati Panigale
Baca Modifikasi Honda CBR 150R Terbaru menyerupai Ducati Panigale
Untuk menjaga beberapa part onderdil yang berada di dalam
mesin mobil supaya tetap awet, sebaiknya kita tidak perlu menginjak gas pada
saat memanaskan mesin, karena dengan menginjak gas akan menimbulkan getaran
yang mungkin sangat kencang sehingga mempengaruhi kondisi dudukan onderdil di
dalam mesin, hanya saja sesekali tempo kita butuh untuk menginjak gas dengan
kencang supaya kotoran kotoran yang berada pada celah-celah mesin atau pipa-pipa
injeksi bisa keluar ke pembuangan, tetapi dalam kondisi mobil berjalan,
sehingga putaran mesin tidak tertahan seperti disaat mobil kondisi netral atau
parkir.
Satu hal terpenting dari bagian terakhir untuk memanaskan
mesin mobil, usahakan untu tidak menyalakan mesin dalam kondisi AC hidup, jadi
cek konisi AC dan matikan dulu sebelum menghidupkan mesin, supaya power battry/
accu secara penuh tersalurkan pada dynamo starter mobil, selain itu beban putar
mesin akan terasa lebih ringan sehingga putaran kerja mesin bisa maksimal.
Post a Comment