2 Trik Ini Perlu Deperhatikan Saat Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor



Otomen - Saat memiliki kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor tak hanya layanan servis atau purna jual yang harus diperhatikan. Memiliki asuransi pun juga jadi salah satu pertimbangan bagi Otolovers untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Namun dikatakan Marketing Communication & PR Head Asuransi Astra, Iwan Pranoto Susanto, penetrasi masyarakat untuk memiliki asuransi, khususnya pada kendaraan bermotor masih kurang. Meski diakui pengetahuan dan kesadaran terkait asuransi sebenarnya telah diketahui oleh masyarakat di Indonesia.

"Kalau dibilang orang mengerti tentang pentingnya asuransi. Tapi penetrasinya masih kecil. Kalau dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) saja masih di bawah 10 persen. Jadi ya awareness-nya itu ada cuma utilitasnya masih kecil," kata Iwan kepada Otomen.

Bagi Otolovers yang tertarik dan berminat untuk mengajukan polis asuransi kendaraan bermotor, Iwan memberikan tips khusus bagi Otolovers.

1. Ubah Mindset tentang Asuransi

Mobil ataupun motor tak hanya menjadi alat transportasi yang digunakan oleh Otolover sehari-hari. Tapi juga berpotensi untuk menjadi investasi dan aset. Oleh karena itu, memiliki kendaraan bermotor juga perlu perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti pencurian, kerusakan, ataupun kecelakaan.

Menurut Iwan, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengubah pola pikir atau mindset terkait asuransi itu sendiri.

"Harus diubah mindsetnya. Financial planning bukan cuma mengatur pendapatan saat punya uang. Tapi berpikir kalau terjadi sesuatu di ke depan hari, uang yang sudah dikumpulkan itu bisa digunakan dengan baik serta dengan takaran yang sudah pasti," kata Iwan.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan Otolovers adalah memilih perusahaan yang kredibel. Iwan menjelaskan esensi dari asuransi itu sendiri adalah kepercayaan. Selain itu, pilih asuransi yang memiliki layanan kontak untuk melakukan klaim apabila ada kejadian darurat.

"Pilih (perusahaan asuransi) yang kredibel karena jualan asuransi kan masalah kepercayaan. Pastikan perusahaannya terpercaya. Caranya gamoang kalau dihubungi contact centernya, kalau ada emergency atau ada apa-apa gampang klaimnya. Bandingkan harga juga, dengan harga segini dapat apa, valuenya apa, bikin kita nyaman saat di jalan tidak," tandasnya. (oto.detik)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.