2 Trik Ini Perlu Deperhatikan Saat Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor
Otomen - Saat memiliki kendaraan bermotor, baik mobil
maupun motor tak hanya layanan servis atau purna jual yang harus diperhatikan.
Memiliki asuransi pun juga jadi salah satu pertimbangan bagi Otolovers untuk
mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.
Namun dikatakan Marketing Communication & PR Head
Asuransi Astra, Iwan Pranoto Susanto, penetrasi masyarakat untuk memiliki
asuransi, khususnya pada kendaraan bermotor masih kurang. Meski diakui
pengetahuan dan kesadaran terkait asuransi sebenarnya telah diketahui oleh
masyarakat di Indonesia.
"Kalau dibilang orang mengerti tentang pentingnya
asuransi. Tapi penetrasinya masih kecil. Kalau dari OJK (Otoritas Jasa
Keuangan) saja masih di bawah 10 persen. Jadi ya awareness-nya itu ada cuma
utilitasnya masih kecil," kata Iwan kepada Otomen.
Bagi Otolovers yang tertarik dan berminat untuk mengajukan
polis asuransi kendaraan bermotor, Iwan memberikan tips khusus bagi Otolovers.
1. Ubah Mindset tentang Asuransi
Mobil ataupun motor tak hanya menjadi alat transportasi yang
digunakan oleh Otolover sehari-hari. Tapi juga berpotensi untuk menjadi
investasi dan aset. Oleh karena itu, memiliki kendaraan bermotor juga perlu
perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti pencurian,
kerusakan, ataupun kecelakaan.
Menurut Iwan, pertama kali yang harus dilakukan adalah
mengubah pola pikir atau mindset terkait asuransi itu sendiri.
"Harus diubah mindsetnya. Financial planning bukan cuma
mengatur pendapatan saat punya uang. Tapi berpikir kalau terjadi sesuatu di ke
depan hari, uang yang sudah dikumpulkan itu bisa digunakan dengan baik serta
dengan takaran yang sudah pasti," kata Iwan.
2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel
Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan Otolovers adalah
memilih perusahaan yang kredibel. Iwan menjelaskan esensi dari asuransi itu
sendiri adalah kepercayaan. Selain itu, pilih asuransi yang memiliki layanan
kontak untuk melakukan klaim apabila ada kejadian darurat.
"Pilih (perusahaan asuransi) yang kredibel karena
jualan asuransi kan masalah kepercayaan. Pastikan perusahaannya terpercaya.
Caranya gamoang kalau dihubungi contact centernya, kalau ada emergency atau ada
apa-apa gampang klaimnya. Bandingkan harga juga, dengan harga segini dapat apa,
valuenya apa, bikin kita nyaman saat di jalan tidak," tandasnya. (oto.detik)
Post a Comment